Hal Penting Dalam Mendidik Anak Ala Rasulullah

Hal Penting Dalam Mendidik Anak Ala Rasulullah

Rasulullah sudah menyampaikan dalam hadits tentang cara mendidik anak dan peran orangtua dalam mendidik anak. Ada banyak hal yang telah disampaikan oleh Rasulullah yang harus dijadikan teladan dalam mendidik anak. Adanya ilmu-ilmu teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan baik dapat merusak masa depan anak, terutama merusak agama, bangsa, negara dan masa depan anak. Maka dari itu, salah satu cara untuk dapat memperbaiki akhlak anak maupun masa depannya yaitu orangtua harus merujuk kembali pada hal yang telah diajarkan oleh baginda Rasulullah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat mendidik anak dengan baik dan benar. Berikut ini hal penting yang diperlu diberi perhatian khusus saat mendidik anak.

1. Membekali anak dengan aqidah yang kuat.

Tauhid adalah sesuatu yang sangat penting dalam mendidik anak. Ahli hikmah yang bernama Luqman juga melakukan yang serupa. Allah Swt kemudian mengabadikan nasehat dari Luqman pada anaknya dalam al quran QS Luqman ayat 12-13, seperti berikut ini: “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Dalam pembinaan untuk sahabatnya, Rasulullah lebih mengutamakan pembinaan iman, seperti yang dilakukan Luqman pada anaknya. Sebaiknya setiap orangtua pada zaman sekarang ini harus memanamkan keimanan yang kuat bagi buah hatinya. Iman lah yang nantinya akan menjadi tameng di manapun dan dalam kondisi apapun.

2. Menunjukkan kasih sayang kepada anak.

Hal ini seperti yang telah diteladankan Rasulullah yang senang bermain-main dengan anak-anak dan kadang beliau memangku mereka. Beliau pernah menyuruh Abdullah, Ubaidillah, dan anak yang lain dari putra-putra pamannya Al-Abbas untuk berbaris kemudian berkata, “ Siapa yang terlebih dahulu sampai kepadaku akan aku beri sesuatu (hadiah).” Para anak-anak tersebut kemudian berlomba-lomba untuk menuju beliau, lalu duduk di pangkuan Rasulullah. Rasulullah pun menciumi dan memeluk mereka. Anak perlu diberi kasih sayang yang cukup agar berkembang dengan baik.

3. Mendidik anak supaya berbakti pada orang tua.

Dalam Al-Quran, nasehat untuk berbakti kepada orang tua sering sekali diulang. Salah satu contohnya yaitu dalam surat Luqman ayat 14 yang artinya “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun ,. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”. Anak tidak akan mampu mengganti segala yang telah dikorbankan oleh orangtua, meski ia memberi seluruh usianya untuk kedua tuanya. Pengorbanan orang tua tak akan mudah tergantikan. Oleh karenanya, anak perlu berbakti sebagai ucapan rasa terima kasih atas pengorbanan yang dilakukan orang tua mereka.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat IbnuSyamil.
Silahkan berbelanja Kaos, Tas, Hijab, Pakaian Muslim di IbnuSyamil.
Untuk Pemesanan : http://www.ibnusyamil.com/cs atau bisa di 081297298646

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *