10 Cara Mengasah Talenta Anak

10 Cara Mengasah Talenta Anak

Membimbing Si Kecil memang gampang-gampang susah. Bila anak rewel, tentu akan membuat kening Anda berkerut, bukan? Asah talenta sebagai orangtua, dan jangan biarkan stres melanda!

1. Pentingnya Bercanda
Bagi sebagian orang, menjadi orangtua tampaknya mudah. Bermain bersama, merespons kebutuhan anak, mengerti perasaan anak, dan percaya kepada anak. Bagi sebagian lagi, diperlukan usaha lebih.

Hal ini wajar saja, dan Anda pun pasti pernah mengalaminya. Anda bisa mengembangkan sifat-sifat lain untuk menjadi orangtua super seperti yang diinginkan.

Cara Mudah Membiasakan Anak Untuk Shalat

Cara Mudah Membiasakan Anak Untuk Shalat

Kita sebagai orang tua haruslah memiliki kesadaran bahwa kita akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah tentang anak-anak kita. Di antara hal yang penting diperhatikan adalah masalah shalat.

Maka sedari dini, anak harus dibiasakan untuk melakukan shalat. Memang hal ini gampang-gampang susah, namun tidak ada jalan lain, kita harus melakukannya, kecuali kita adalah orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini ada beberapa kiat membiasakan anak untuk shalat.

Teka-Teki Al-Qur’an untuk Anak-Anak

Teka-Teki Al-Qur’an untuk Anak-Anak

Tahukah Ayah Bunda serta Sobat IbnuSyamil? 1. Siapakah bayi yang diletakkan disebuah keranjang untuk dilemparkan ke sungai karena takut dibunuh? 2. Siapakah bayi yang mampu berbicara ketika masih dalam buaian? 3. Siapakah ayah yang menasehati anaknya dalam Al-Qur’an? 4. Siapakah anak yang dilemparkan saudaranya ke dalam sumur? 5. Siapakah anak yang melawan perintah ayahnya? 6.

Beberapa Kesalahan Yang Kerap Kali Menghancurkan Kepribadian Anak Anda

Beberapa Kesalahan Yang Kerap Kali Menghancurkan Kepribadian Anak Anda

Sering kali sebagai orang tua kita tidak sadar telah melakukan berbagai hal yang menurut kita akan bisa mendidik anak dengan sebaik-baiknya, akan tetapi pada hakikatnya bisa menyebabkan kerugian pada anak di masa dewasanya. Oleh sebab itu, sebagai seorang ibu hendaklah kita berusaha dengan baik untuk tidak melakukan hal-hal yang sebenarnya merupakan cara pendidikan yang salah pada anak.

Pentingnya Kebersamaan Antara Anak Dan Orang Tua

Pentingnya Kebersamaan Antara Anak Dan Orang Tua

Sebagian dari orang tua tidak sadar atau lalai bahwa kebersamaan anak dengan orang tuanya merupakan hal yang prinsip dan tidak boleh diabaikan. Sehingga sering kita temui orang tua, khususnya ayah yang merasa bahwa tugasnya adalah hanya mencari nafkah sehingga anak hanya melulu urusan ibunya, tidak begitu memperdulikan kondisi anaknya. Hanya saja dalam perkembangan zaman, ibu pun mulai bergeser pula. Tatkala dia sudah mulai sibuk meniti karir dia melalaikan tugas pokoknya untuk mendidik anaknya. Selayaknya kita sebagai orang tua menyempatkan untuk bersama anak-anak kita.

Langkah-langkah Mewujudkan Anak Yang Berakhlak

Langkah-langkah Mewujudkan Anak Yang Berakhlak

Beberapa ibu mengeluhkan ketidakmampuan mereka untuk keluar bersama anak-anaknya ke tempat-tempat umum, atau mengunjungi kerabat dan teman-temannya karena merasa tindakan anaknya yang kurang baik, seperti tidak memberi salam kepada orang yang lebih tua, tidak mau mengucapkan terima kasih, mengambil sesuatu yang bukan miliknya tanpa izin, memotong pembicaraan oran lain dan sebagainya.

Metode Pendidikan menurut Al-Qur’an

Metode Pendidikan menurut Al-Qur’an

Ada 3 pola pendidikan dan metode belajar mengajar: 1.  Metode Menyampaikan Materi (Ajari saya namun saya pun bisa lupa) 2.  Metode Visual (Tunjukkan kepada saya agar saya ingat) 3.  Metode Praktek (Ajaklah saya bergabung agar saya memahami) Sejak 1400 tahun yang lalu Al-Qur’an telah mengisyaratkan bahwa metode pendidikan yang baik adalah dengan metode visual. Kita

Membentuk Anak Cerdas Menurut Islam

Membentuk Anak Cerdas Menurut Islam

Anak adalah anugrah yang Allah titipkan kepada Kita. Oleh sebab itu, anak adalah amanah yang mesti dijaga. Baik kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan intelektual. Lantas, bagaimana cara menjaganya ? Berikut tips membentuk anak cerdas menurut Islam : 1. Shalat Shalat bukan hanya sebuah kewajiban, Allah memerintahkan shalat karena memiliki manfaat terutama bagi kesehatan. Sudah

Menanamkan Ketaatan Sejak Dini

Menanamkan Ketaatan Sejak Dini

Ada sebagian orang tua yang beranggapan bahwa anak tidak perlu terlalu diatur dengan ketat sejak dini. Nanti juga kalau sudah besar bisa paham sendiri. Padahal hal tersebut adalah pemahaman yang salah. Anak adalah amanah dari Allah yang harus dijaga dan diberikan pemahaman terkait ketaatan sedini mungkin. Jangan sampai kita menyesal setelah anak dewasa dan ternyata