Cara Mudah & Cepat Agar Anak Bisa Membaca

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat anak-anak dan salah satu yang sering dilakukan oleh orang tua adalah membuat anak bisa membaca. Membaca bisa diajari pada saat anak usia dini, namun tidak semua anak bisa membaca dengan mudah karena sebelum belajar membaca ada beberapa tahapan yang perlu dilewati oleh anak.

Beberapa tahapan yang harus dilewati anak jika ingin muda dan cepat bisa membaca adalah anak harus bisa mengucapkan kata, mengenal huruf, dan berbicara dengan lancar. Jika 3 hal tersebut sudah dimiliki oleh anak, maka orang tua, guru bahkan anak itu sendiri akan dengan mudah dalam belajar membaca. Memang tidak terlalu sulit untuk mengajarkan anak membaca. Akan tetapi jika anak dibiarkan sendiri dalam belajar, apapun itu, maka hasilnya juga kurang baik.

Bagaimanapun juga anak tetap membutuhkan bimbingan dan pengawasan kita sebagai orang tua. Membaca adalah poin pertama bagi anak yang harus diketahui. Membaca menentukan kecerdasan dan kepintaran anak pada tahap perkembangan berikutnya. Dengan membaca anak bisa mengerti apa yang dipelajari dan apa yang dia lihat.

Lantas bagaimana cara mudah dan cepat agar anak bisa membaca? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak bisa membaca dan tidak mengalami kendala yang berarti:

  • Saat belajar jangan membuat anak menjadi mudah jenuh.
  • Jangan terlalu memaksa anak untuk bisa membaca. Pelan-pelan dan bertahap lebih membuat anak merasa nyaman.
  • Saat mengajar anak, orang tua tidak boleh tegang dan harus rileks agar anak tidak berpikiran kalau Anda sedang marah. Serius tapi santai.
  • Jangan mengajarkan anak membaca kalimat yang rumit. Mengajari mengeja namanya adalah sesuatu yang bisa membuat anak senang.
  • Biarkan anak belajar dengan nyaman dan santai.
  • Ciptakan suasana belajar membaca yang nyaman dan tidak membosankan.
  • Jangan mengulang bacaan terlalu berlebihan, cukup 2x – 3x pengulangan agar anak tidak bosan.

Belajar & Bermain Dalam Membaca
Jika cara yang disebutkan diatas tidak berhasil atau kurang, Anda bisa menerapkan belajar sambil bermain. Cara ini banyak dilakukan dibeberapa tempat pendidikan anak yaitu dengan menggunakan Metode Glen Doman. Metode ini mengajarkan anak membaca dengan cara yang sangat sederhana yaitu pengenalan kata-kata, bukan dengan kalimat langsung.

Berikut Cara Kerja Metode Glenn Doman

  1. Sediakan kertas/karton/kartu kosong sebanyak 3 buah ukuran 15 x 15 cm.
  2. 1 buah spidol besar atau kecil warna hitam.
  3. Buat beberapa kata yang dibagi menjadi 3 kategori dalam kartu. Tulis kategori menggunakan spidol dan buat beberapa kata yang dibagi menjadi 3 kategori dalam masing-masing kartu A, B, dan C.
  4. Buat kata dalam masing-masing kategori tersebut. Misalnya:
    • Kartu A kategori nama orang tua yaitu Ayah, Ibu, Kakek, dan Nenek
    • Kartu B kategori nama buah yaitu pisang, apel, jambu, dan jeruk.
    • Kartu C kategori nama binatang yaitu Kambing, burung, kuda, dan gajah.
  5. Tumpuk kartu menjadi satu sesuai kategori.
  6. Suruh anak mengambil kartu pertama pada tumpukan kartu A, bacakan dan ajak anak untuk meniru. Begitu seterusnya sampai kategori dalam kartu A diambil dan terbaca semuanya. Begitu juga dengan kartu B dan kartu C. Jika sudah selesai, beri pujian pada anak sambil memeluk dan mencium anak. Ini menunjukkan kalau Anda senang dengan hasil yang dilakukan oleh anak. Jika Anda senang setelah belajar, maka akan akan juga senang.
  7. Pada hari pertama, cukup lakukan 3x hanya pada kartu A.
  8. Pada hari kedua, lakukan 3x pada kartu A dan B.
  9. Pada hari ketiga, lakukan 3x pada kartu A, B, dan C.
  10. Pada hari keempat dan seterusnya, lakukan 3x pada kartu A, B, dan C.
  11. Jika anak sudah bisa membaca semua kartu yang disediakan, buatlah kartu yang lebih banyak dengan kategori yang berbeda dan lakukan cara seperti diatas.

Dengan melakukan cara mudah & cepat agar anak bisa membaca diatas, maka akan lebih mengenal kata per kata dan hal ini akan membuat anak mudah dan cepat dalam membaca.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil.
Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita.
Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia
Untuk Pemesanan Bisa Via WA : 081297298646

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *