Belajar Membaca agar Gemar Membaca

Pada anak usia sekolah dasar awal (5-7 tahun), tugas membaca menjadi tolak ukur keberhasilan anak pada periode perkembangannya saat itu. Perasaan mampu terhadap teks bacaan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak – anak tersebut. Oleh karena itu, para orang tua dan pendidik memberi perhatian yang cukup besar terhadap pembelajaran membaca terutama pada saat anak memasuki usia awal sekolah dasar (5-6 tahun).

Membaca merupakan keterampilan belajar yang paling penting untuk dikembangkan. Kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi pengetahuan yang penting dengan membaca. Selain itu juga dapat memicu kreativitas pembacanya. Dengan membaca seseorang memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasannya sehingga ia lebih mampu menjawab tantangan hidup pada masa-masa mendatang. Dengan demikian, orang tua seharusnya menjadi sadar bahwa tujuan belajar membaca tidak berhenti sampai anak ‘bisa’ membaca kata, kalimat, paragraf sampai dengan cerita pendek, melainkan tujuan akhirnya adalah anak gemar membaca.

Dengan menyukai membaca maka mereka akan memiliki keterikatan dengan buku atau kegiatan membaca seumur hidupnya.Sayangnya, usaha mereka diprioritaskan untuk mencapai kelancaran membaca tingkat kata, kalimat, paragraf sampai dengan cerita pendek. Mereka lupa dengan dua alasan utama belajar membaca adalah untuk kesenangan dan akses terhadap informasi serta kemajuan ilmu pengetahuan karena pada prakteknya kegiatan belajar membaca di kelas tidak mencerminkan kedua alasan tersebut. Pada akhirnya anak-anak tersebut memiliki gambaran yang terbatas mengenai tujuan membaca. Satu-satunya yang mereka pelajari adalah dengan membaca, mereka dapat menyenangkan orang dewasa untuk memperoleh keinginan mereka. Di sisi lain, mereka tidak menyadari manfaat sebenarnya dari membaca dan otomatis juga tidak menyenangi membaca. Dari hasil penelitian juga ditemukan efek “fourth grade slump” yaitu pada saat anak duduk di kelas empat sekolah dasar, mereka menunjukkan penurunan minat membaca yang cukup besar.

Dengan kerangka berpikir yang baru, bahwa tujuan membaca agar anak gemar membaca, orang tua perlu berhati-hati dalam memilih metode belajar membaca untuk putra putrinya. Yang terpenting kegiatan belajar membaca harus menyenangkan bagi anak, sesuai dengan karakter dan minat anak. Kegiatan membaca bersama sebelum tidur dapat menjadi salah satu kegiatan yang pasti disenangi oleh anak. Selain itu, pemilihan buku disesuaikan dengan minat anak dan usianya, misal untuk anak usia 5-7 tahun pilih buku-buku dengan teks sepanjang satu kalimat dan ukuran huruf yang besar.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil.
Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita.
Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia
Untuk Pemesanan Bisa Via WA 1 : 081297298646

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *