Cara Mengajari Anak Membaca Al-Qur’an

Cara mengajari anak membaca Al-Qur’an sangat penting diketahui oleh para orang tua yang menginginkan anaknya agar bisa membaca alquran dengan baik benar. Cara mengajari anak membaca Al-Quran bisa anda terapkan didalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk sang anak tentunya. Dengan mengajari anak membaca Al Quran sejak usia dini akan memudahkan anak dalam mempelajari bacaan Al Qur’an dan juga membantu mengenalkan anak terhadap agama. Setiap orang tua menginginkan agar anaknya tidak hanya sekedar bisa membaca Al Quran tetapi juga bisa menghafalnya.

Dan berikut beberapa poin sederhana cara mengajari anak membaca Al Qur’an
Pertama, ketika ibunda sedang hamil baca dan sering-sering lah memperdengarkan musik ayat-ayat Al Qur’an. Namun lebih utama adalah ibu hamil membiasakan diri dalam membaca Al Qur’an atau mengaji sebelum dan selama kehamilan. Hal ini sudah banyak dibuktikan kalau ibu hamil membaca dan mendengarkan Al Qur’an akan mempengaruhi janin dalam kandungannya.

Kedua, pendengarkan ayat-ayat Al Qur’an di rumah setiap hari, baik itu melalui VCD, Televisi atau dari sebuah ponsel. Memperdengarkan ayat Al Qur’an ini tidak harus anak selalu mendengarkannya, biarkan anak tetap bermain yang penting alunan atau suara dari ayat-ayat Al Qur’an tetap terdengar. Karena meskipun anak fokus pada permainannya, sebenarnya dia tetap mendengar ayat-ayat Al Qur’an tersebut dan dengan sendirinya anak akan hafal dan tertarik untuk mendengarkan secara langsung.

Ketiga, dalam mengajari anak membaca Al Qur’an lakukan secara konsisten dan jangan putus-putus, buatlah jadwal dengan menyesuaikan keadaan anak agar anak mengerti kalau pada waktu-waktu tertentu anak belajar mengaji. Jangan gunakan waktu bermain dan istirahat anak karena hal tersebut akan mengganggu anak dan akan menjadikan anak enggan untuk belajar.

Keempat, orang tua tidak hanya mengajari anak membaca Al Qur’an tapi orang tua juga harus menjadi contoh bagi anak-anak mereka dalam belajar membaca Al Qur’an. Agar anak mudah dan senang dalam membaca Al Qur’an, maka orang tua juga harus membaca Al Qur’an setiap waktu di rumah. Ingat, anak adalah peniru yang hebat, apa yang dilihat anak baik didalam rumah atau diluar rumah akan sangat mudah di tiru oleh sang anak.

Itulah bunda beberapa cara mengajari anak membaca alquran yang bisa anda praktekan di rumah untuk anak-anak anda. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil. Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita. Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia
Untuk Pemesanan Bisa Via WA 1 : 081297298646 Atau WA 2 : 087873992990

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *