Bercanda Membuat Anak Lebih Cerdas Dan Sehat

Bercanda Membuat Anak Lebih Cerdas Dan Sehat – Didalam sebuah keluarga, salah satu yang membuat mereka menjadi lebih bahagia adalah kehadiran seorang anak. Bahkan dalam pasangan suami istri yang belum dikarunia anak akan melakukan apa saja untuk mendapatkan seorang anak atau keturunan, nah bagi anda yang sudah dikarunia anak sejatinya wajib bersyukur dan jangan pernah menyia-nyiakan keberadaan sang anak. Anak adalah segalanya dalam hidup kita, anak adalah sumber kebahagian keluarga dan orang tua. Dan yang membuat orang tua dan anak bahagia adalah adanya rasa kebersamaan yang selalu ada setiap saat dan setiap waktu, anak membutuhkan orang tua dan orang tua memerlukan kehadiran anak, salah satu kebersamaan antara mereka adalah dengan bermain dan bercanda. Dan untuk bermain Anda bisa membaca beberapa tips bermain anak disini. Namun tahukah anda jika bercanda bersama anak membuat anak lebih cerdas dan sehat?

Bercanda bersama anak membantu mereka menjadi lebih bahagia dan pada keadaan ini akan meningkatkan perhatian, motivasi, persepsi, daya ingat, yang pada gilirannya meningkatkan pembelajaran mereka. Loh kok bisa? Karena hal ini sudah diteliti oleh Rana Esseily dari Paris West University Nanterre La Defense dan teman-temannya. Mereka melakukan penelitian tentang Hubungan antara humor dengan kemampuan balita dalam belajar {mirip judul tesis}. Didalam penelitian yang dilakukan oleh Rana ini melibatkan bayi berusia 18 bulan dengan menemukan bahwa anak-anak yang sering bercanda atau tertawa karena tingkah laku orang tua atau orang dewasa mampu mengulangi sebuah tindakan daripada mereka yang tidak tertawa.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Rana ini akan menyimpulkan bahwa kecerdasan anak dalam belajar ternyata berkaitan dengan kebahagiaan anak. Dalam kata lain, mental anak yang bahagia mendukung anak-anak untuk mencoba dan berhasil ketika mempelajari sesuatu. Sama seperti ketika kita sebagai orang tua, jika berada dalam keadaan senang atau bahagia maka dalam melakukan segala sesuatu akan terasa lebih mudah dilakukan dan kita juga akan lebih mudah mengingat apa yang telah kita lakukan. Dan bandingkan dengan ketika kita berada dalam kondisi tidak Mood maka semua yang akan kita lakukan akan tidak sempurna. Begitu juga dengan anak, ketika mereka bercanda atau pun sedang bermain tentu disana ada kebahagian, ada keceriaan dan kesenangan.

Berikut cara yang dilakukan oleh Rana Esseily dan teman-teman dalam mengetahui bahwa bercanda bisa membuat anak lebih cerdas, berikut caranya:
Dalam satu kelompok, orang dewasa hanya bermain dengan mainan; tetapi pada kelompok lain, orang dewasa melemparkan mainan di lantai, yang membuat separuh anak-anak dalam kelompok tertawa. Hasilnya, anak-anak yang tertawa karena tingkah laku orang dewasa mampu mengulangi sebuah tindakan daripada mereka yang tidak tertawa.

Jadi seperti yang telah disebutkan diatas, saat bercanda, seakan-akan terkesan hanya sekedar humor atau guyonan saja namun dibalik semua itu ada kebahagian yang didapat oleh anak-anak dan kebahagian inilah yang mendukung anak-anak untuk mencoba dan berhasil ketika mempelajari sesuatu. Dan, selain bercanda membuat anak lebih cerdas dan sehat, ternyata dari hasil penelitian tersebut juga akan meningkatkan interaksi atau hubungan sosial anak.

Baca juga Bermain meningkatkan kecerdasan anak

Jadi, mulai sekarang ajak lah anak-anak untuk bermain dan bercanda bersama ya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil. Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita.
Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia
Untuk Pemesanan Bisa Via WA 1 : 081297298646

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *