Belajar Menjadi Orang Tua Sesuai Dengan Al-Qur’an

Sekarang ini, sering terjadi masalah-masalah yang begitu memprihatinkan pada generasi muda. Pergaulan, tingkah laku, dan keimanan menjadi hal-hal utama yang perlu dikontrol. Banyak sekali calon orang tua yang merasa takut untuk menghadapi masalah yang ada. Mereka khawatir terhadap buah hati mereka dengan keadaan yang seperti sekarang ini. Oleh karena itu, mengumpulkan tips dan belajar menjadi orang tua sangatlah penting bagi yang belum berpengalaman.

Calon orang tua harus mau belajar sebelum menjadi orang tua yang sebenarnya. Orang tua harus paham perannya sebagai orang tua dan mendidik anaknya sesuai yang diamanatkan Alquran. Alquran sudah mengajarkan semua tentang cara mendidik anak dan menjadi orang tua yang baik. Dari Al-Qur’an kita dapat belajar cara yang tepat bagi orang tua untuk mendidik anaknya. Dalam Alquran juga telah diajarkan bagaimana hubungan yang baik antara orangtua dan anak. Belajar menjadi orang tua sambil jalan tampaknnya tidaklah mudah. Bahkan, hal ini bisa dibilang sangat sulit. Oleh karena itu, ada baiknya bagi calon orang tua untuk membaca tips-tips berikut ini.

Untuk menjadi orang tua bijaksana, orang tua perlu mengikuti perkembangan anaknya. Jika tidak, maka dapat tercipta jurang pemisah yang dalam antara anak dan orang tua. Untuk menjadi orang tua yang bijaksana, kita juga harus pandai bersyukur kepada Allah. Orang tua harus menganggap anak sebagai hikmah. Menjadi orang tua merupakan suatu anugerah. Tidak semua orang siap dan senantiasa bersyukur atas anak mereka. Namun, kita harus berusaha maksimal agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak. Tuntunan untuk menjadi orangtua bijaksana ada dalam surah Luqman ayat 12-19. Telah diberitahukan dalam surat Luqman 12-13 tentang pentingnya bersyukur dan syirik akan menjadikan bencana besar dalam keluarga.

Maka, orang tua harus menjauhkan anak dari pendidikan dan lingkungan yang syirik. Saat ingin membangun rumah atau ingin pindah rumah, hendaknya orang tua mengecek lingkungannya terlebih dahulu. Jika hidup dilingkungan yang baik, maka anak insyaAllah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Pada Luqman ayat 14-15 orang tua hendaknya mendidik anak secara Islami dan menaati kedua orang tua. Orangtua wajib mendidik anaknya untuk berbuat baik pada orang tuanya supaya anak tidak dilaknat oleh Allah SWT.

Seperti yang diriwayatkan Al Baihaqi dari Ayub Bin Musa Al Quraisy, Nabi saw bersabda, “ tiada satu pemberian yang lebih utama yang diberikan ayah kepada anaknya selain pengajaran yang baik.” Anak juga harus selalu bersyukur kepada Allah dan menghargai pengorbanan kedua orangtuanya. Anak perlu menghargai pengorbanan orang tua yang tak akan pernah terbalaskan itu. Sangatlah penting bagi orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak dan mendidiknya secara Islami. Anak perlu diberi pengertian tentang betapa luasnya ilmu Allah SWT dan ditanami rasa diawasi oleh Allah SWT sperti dalam surat Luqman 16-19.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil.
Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita.
Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia

Untuk Pemesanan Bisa Via WA 1 : 081297298646 Atau WA 2 : 087873992990

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *