Aktifitas Mengisi Puasa untuk Anak

Anak yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa, tentu membutuhkan penyesuaian, karena yang biasanya makan dan ngemil di pagi dan siang hari, sekarang tidak. Tubuh anak pun akan mengalami penyesuaian, karena adanya pola makan yang berubah. Tentu anak akan merasakan lapar. Tetapi bisa lo kita secara bertahap, sedikit mengubah konsentrasi si anak, agar laparnya tidak terasa. Kita bisa berikan berbagai kegiatan yang menyenangkan sebagai pengalihan terhadap rasa lapar tersebut.

1. Membantu bunda beberes

Untuk anak – anak yang belum bersekolah, tentu akan membosankan berada dirumah tanpa melakukan apa – apa. Berbeda dengan anak yang sudah bersekolah, tentu ada kegiatan yang dilakukan disekolahnya.

Nah gimana nih untuk dedek yang dirumah ? Kan bundanya juga sibuk mengurus ini itu, jadi si dedek tidak punya teman bermain. Nah, disini sebenarnya hal yang menyenangkan dapat dilakukan. Caranya, bunda bisa ajak si dedek ikutan bantuin bunda mengerjakan pekerjaan rumah. “Tapi kan nanti malah berantakan ?”, hehe. Ini bisa diakalin lo bunda. Misal bunda sedang menyapu rumah, beri si dedek sapu kecil (atau apapun yang bisa dijadikan seperti sapu), lalu beri area kecil yang bisa si dedek sapu. Dengan begitu saja si dedek pasti senang banget.

Contohnya lagi misal bunda sedang melipat pakaian. Beri si dedek sebagian kecil baju dia sendiri untuk dilipat sendiri. Tentu berantakan, tetapi yang berantakan kan hanya bagian kecil. Dan yang paling penting, tujuan kita untuk memberi kegiatan agar tidak terasa laparnya berhasil.

2. Biasakan tidur di siang hari

Kalau orang dewasa, tidak perlu diminta tidur siang kalau sedang puasa ya, pasti dengan senang hati tidur sendiri dan lama, hehe. Anak pun sebaiknya kita ajak untuk tidur bersama kita, bunda. Karena dengan tidur, selain dapat menghemat tenaga si anak, tentunya akan menghabiskan waktu untuk semakin dekat dengan waktu berbuka.

Bagaimana kalau anak tidak mau tidur ? Biarkan saja bunda, kita aja yang tidur (maunya, hehe). Si anak kalau tidak ada teman bermain, akan bosan sendiri dan ikutan tidur insyaAllah.

3. Jalan jalan di sore hari

Kegiatan menyenangkan berikutnya adalaaaah… jalan jalan. Hehe. Ini bunda pasti senang banget ya. Eh tapi tunggu dulu, jangan tiap hari jalan – jalan jauh pakai kendaraan donk bun. Kasian suami nanti, dompetnya bisa tipis lebih cepat. Jalan jalan di sini maksudnya, ajak anak anak kita keliling komplek aja. Pergi ke lapangan dekat rumah, melihat lihat pemandangan sekitar, bersapa dengan tetangga. Yang penting keluar dari rumah, bersosialisasi.

Kalau istilah kerennya, Ngabuburit, hehe, yang orang sunda ngerti lah ya. Menghabiskan waktu sore dengan bercengkrama dengan keluarga, agar semakin tidak terasa bahwa sebentar lagi mau berbuka puasa. Pasti anak anak nya senang deh.

4. Bercerita

Rasulullah sebagai idola, harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Banyak sekali cerita tentang akhlak Rasulullah yang dapat kita ceritakan kepada anak anak kita.

Selain cerita tentang Rasulullah, bunda juga bisa nih menceritakan tentang Ilmuwan Muslim yang berhasil mengubah dunia ini. Islam itu membentuk peradaban manusia, dimana Islam berkembang, di sana akan menjadi pusat peradaban. Yuk buat anak – anak kita dengan Islam.

5. Masih punya waktu ? Yuk Coba menghafal Juz Amma

Nah kalau ternyata bunda masih punya waktu bersama anak, bisa nih kita manfaatkan waktu untuk kegiatan pendidikan, yang lebih bermanfaat.

Semakin banyak kegiatan yang menyenangkan, insyaAllah anak kita secara tidak sadar dapat menyelesaikan puasanya, bunda. Lama lama akan terbiasa dengan nikmat nya berpuasa. Apalagi ini merupakan ibadah wajib dikala mereka besar nanti.

InsyaAllah bunda dapat menjalankan ibadah puasa dengan menyenangkan bersama si kecil ya, Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda Serta Sobat IbnuSyamil. Ayoo Ayah Bunda kita berikan hadiah kaos Islami IbnuSyamil Untuk Anak Kita. Silahkan berbelanja kurma, kaos muslim, koko, gamis di IbnuSyamil Store
Jl. Achmad Adnawijaya No.100A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, 16152 Indonesia

Untuk Pemesanan Bisa Via WA 1 : 081297298646 Atau WA 2 : 087873992990

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *