4 Cara yang Dilakukan Rasulullah dalam Mendidik Anak

Pendidikan kepada anak merupakan tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh setiap orang tua. Secara khusus, bagi para orang tua yang beragama Islam, tuntutan mendidik anak sejatinya telah ada dalam aturan agama. Nabi Muhammad pun telah mencontohkan 4 cara yang bisa dilakukan dalam mendidik anak.

Lewat buku Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyah lith Thifl yang telah diterjemahkan menjadi Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak, Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid menuliskan 5 metode pendidikan yang diterapkan oleh Rasulullah SAW, yaitu:

cara mendidik anak cara rasul

1. Menyapa anak terlebih dulu dengan mengucapkan salam

Metode pertama adalah dengan mengucapkan salam terlebih dulu ketika Rasulullah berpapasan dengan anak kecil. Tidak hanya itu, Rasulullah pun selalu memperhatikan tingkah laku anak dalam berbagai kegiatan. Beliau tidak pernah membiarkan anak bermain sendiri, baik ketika menghadiri undangan, majelis, atau perayaan.

2. Memperbolehkan anak menginap di rumah kerabat

Rasulullah SAW juga terbiasa mengajak anak kecil untuk menginap di rumah kerabat beliau. Hal ini seperti tertuang dalam hadits Imam Bukhari yang mengungkapkan bahwa Ibnu Abbas pernah bermalam di rumah bibinya, yakni Maimunah binti Harits, yang tak lain adalah istri Rasulullah SAW.

3. Mengajak bermain

Dalam hadits riwayat Bukhari, Ibnu Umar sewaktu kecil pernah berpapasan dengan Rasulullah. Pada waktu itu, Ibnu Umar tengah bersama dengan beberapa orang dewasa. Pada kesempatan ini, tidak disangka ternyata Rasulullah mengajak Ibnu Umar dan sekelompok orang dewasa itu untuk bermain tebak-tebakan.

4. Memelihara hewan

Dalam hadits riwayat Abu Ya’la, Rasulullah SAW menyaksikan anak kecil yang tengah bermain dengan hewan. Bahkan, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Abu Umair perihal burung pipit yang tengah menjadi peliharan sekaligus mainannya.

Terkait hewan peliharaan, Beliau juga pernah membiarkan cucunya, yakni Husein memelihara seekor anjing. Hanya saja, pembiaran ini beliau lakukan sebelum kedatangan malaikat yang mengabarkan bahwa rumah yang di dalamnya terdapat patung, anjing, serta orang junub tidak dapat dimasuki malaikat.

Itulah 4 metode pendidikan anak yang perlu diperhatikan oleh para orang tua dalam mendidik anaknya sehingga sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *